06 February 2010

Lanjutan Keliling Indonesia...

Masih di Danau Toba...

Karena udah malem kita langsung tidur lelap di kamar jadul itu. Besoknya, abis sarapan, kita nyebrang ke pulau samosir pake kapal motor kecil. DINGIN BANGET. Sampe di pulau samosir, kita ajak keliling makam raja-raja di sana. Makamnya berbentuk rumah adat. Dan pembuatan rumah adat tersebut mahal banget. Gw lupa mayatnya di masukin ke rumah itu ato di dalem tanah. Ada juga makam yang terbuat dari batu (bentuknya juga rumah adat). Si pemandunya nyeritain sejarah panjang lebar, tapi gw ngga inget. Gw ke sana pas masih SMP sih.
Di Pulau Samosir juga ada mitos lain. Di deket makam tersebut ada perumahan adat . Di depan sebuah rumah ada boneka serem yang katanya pernah bisa bicara ketika diadakan suatu upacara adat. Yang ini gw juga lupa ni nama bonekanya apa. 

Segitu aja si yang gw dapet di Danau Toba. Ketika di sana, lo bakal merasa ada di pantai yang tenang berhawa dingin.. hehe..

Berastagi 

Setelah Danau Toba, perjalanan gw di Sumatera Utara dilanjutkan ke Medan. Tapi di  Medan selain makan shabu-shabu yang enak dan beli oleh-oleh (bika ambon, meranti dll), gw ga inget ngapain lagi. Yang gw inget kita nyempetin ke Berastagi yang kata bapak pemandunya, Puncaknya orang Medan. Selama perjalanan kita ngelewatin kota-kota kecil yang sangat berbeda dengan yang ada di Jawa. Di sana jarang ada mesjid. Banyaknya gereja. Rumahnya masih lumayan teratur jika dibandingkan dengan Jawa. Tapi kualitas rumahnya masih lebih baik di Jawa. Mendekati Berastagi, ada perkebunan-perkebunan yang kita lewati. Ada perkebunan kol, tomat, dll. Sampai di atas, pemandangannya indah, walaupun kalah sama Danau Toba, tapi tetep bagus kok. Di sana jual juga tanaman-tanaman hias, seperti kaktus hias, bunga-bunga dll.

I don't have much time now.. :) harus siap-siap kajian on air.. hihi..

Next Stop: Manokwari, Papua Barat!

No comments:

Post a Comment